Minggu, 31 Januari 2010

Manfaat Air

Air memiliki fungsi penting bagi tubuh, hal tersebut tersirat pada bumi yang kita tempati. Jumlah air jauh lebih besar dari jumlah daratanya. Berikut beberapa manfaat air yang sangat penting bagi tubuh manusia


Bila anda sering merasakan sakit kepala, denyut nadi meningkat, tekanan darah turun drastis, kram otot atau badan terasa lemah.Bisa jadi penyebabnya adalah kekurangan air / kurang minum. Tubuh kekurangan cairan juga dapat menyebabkan daya ingat atau konsentrasi menurun, sulit buang air besar, pingsan bahkan kematian.

Sekitar 55-75 % tubuh kita adalah cairan. Didalam tubuh, terdapat banyak sel yang mempunyai konsentrasi air tinggi. Antara lain :
sel-sel otot
paru-paru
jantung.
dll

Fungsi utama air
Membawa zat nutrisi seperti karbohidrat, vitamin dan mineral serta oksigen ke dalam sel tubuh. Air juga adalah pelarut, pelumas pengendali suhu dan penyedia garam mineral.


Tentu saja kita tidak bisa asal minum. Kualitas air minum harus memenuhi standar kesehatan, untuk mencegah masuknya bakteri dan mikroba.
syarat air yang sehat adalah Air sudah dimasak dalam suhu 100 derajat celcius, atau yang sudah melalui metode penyinaran seperti pada air minum kemasan.


Berapa banyak harus minum sehari?
Kita perlu air minum 1500-2000 cc (6-8 gelas) perhari. Dari kandungan air pada makanan seperti sayur, lauk-pauk dan buah, bisa diperoleh 500-750 cc.
Metabolisme tubuh menghasilkan sekitar 350 cc. Prof. Hardinsyah menyarankan, minumlah tiap 2 jam sebanyak 200-240 ml atau satu gelas ukuran sedang. Minum lebih banyak air dari yang dibutuhkan, lebih baik daripada kurang minum. “Ginjal mempunyai kemampuan menyerap air sebanyak 200 liter atau satu drum/hari,” papar DR.Dr. Imam Effendi, SpPD, KGH dari Divisi Ginjal Hipertensi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Keseimbangan air dalam tubuh perlu dijaga. “Bila tubuh kekurangan air, akan dehidrasi,” tambahnya.
Dehidrasi bisa berdampak buruk bagi tubuh. Kehilangan 2% kadar air, dapat mengganggu metabolisme tubuh. Akan semakin parah, bahkan dapat menyebabkan kematian, jika tubuh kekurangan cairan sampai 25 %. Haus, bibir dan tenggorokan kering adalah gejala ringan dehidrasi.

Penelitian ini menunjukkan, dalam hal minum pun kita masih harus belajar. Padahal, minum adalah langkah yang mudah dan sederhana. Di negara kita, air relative mudah didapat. Jadi tunggu apa lagi cukupilah kebutuhan tubuh anda, agar selalu sehat.

Disadur dari OTC DIGEST . edisi 29 tahun III. 9 Januri-8 Februari 2009


Tidak ada komentar:

Posting Komentar